Air Terjun Sipiso-piso Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso Piso

Subhanallah….. itulah kalimat pertama yang keluar dari mulut Saya saat pertama kalinya datang ke Air Terjun Sipiso-piso ini, luar biasa ciptaan Tuhan akan keindahan alam ini *speachless* begitu sampai di lokasi Air Terjun Sipiso-piso setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari kota medan.

Air Terjun Sipiso-piso merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak tidak jauh dari permukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Air terjun ini berada di ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus dan wisatawan dapat menikmati pemandangan danau toba dari atas bukit Air Terjun Sipiso-piso. WIsata alam air terjun sipiso-piso yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karo ini memiliki makna yang khas. Sipiso-piso berasal dari Piso yang artinya Pisau.

Latar Belakang Air Terjun Sipiso Piso

Derasnya air yang berjatuhan dari bukit berketinggian di atas kurang lebih 100 meter ini diperumpamakan layaknya berbilah-bilah pisau yang tajam. Selain itu, jurang yang curam jika dilihat dari puncak bukit membuat orang setempat menyebutnya piso dari Tanah Karo. Air Terjun Sipiso-piso terbukti mampu mengangkat reputasi Kabupaten Karo sebagai salah satu daerah tujuan wisata domestik maupun mancanegara.

Bagi wisatawa lokal, panorama Air Terjun Sipiso-piso ini sudah sangat dikenal, malahan ada yang bilang kabar ini telah sampai ke santero dunia karena keindahan alamnya yang menakjubkan.

Danau Toba

Dari puncak bukit yang mengitari Air Terjun Sipiso-piso ini pula Wisatawan dapat menyaksikan keindahan lansekap Danau Toba, sebuah danau vulkanik terbesar di dunia. Setelah itu, untuk menjelajahi keelokan alam Sipiso-piso dari dekat, Wisatawan harus menyusuri punggung bukit melalui ratusan anak tangga kecil yang telah disediakan untuk turun dan mendekati air terjun tersebut. Jajaran anak tangga yang telah dipersiapkan itu merupakan jalan utama yang aman untuk.

Luar biasa!!!!

Anak Tangga Air Terjun Sipiso Piso

Katanya sih ada Seribu anak tangga yang terdapat di lokasi ini jika wisatawan hendak turun ke dasar air terjun dan diperlukan tenaga ekstra untuk sampai ke bawah, lumayan untuk yang mau diet bisa naik-turun anak tangga ini 10 kali dan dijamin pasti bakal kurus. Turunnya sih ga masalah tapi kalau ingin naik ke atas dan berdasarkan pengalaman pribadi hampir pingsan menaiki “seribu anak tangga” ini. Ketakjuban Wisatawan akan tingginya bukit-bukit tersebut akan dibarengi dengan suara gemuruh percikan ribuan butiran air yang memantul dari titik jatuhnya air. Karena air terjun ini memiliki ketinggian 120 meter atau sekitar 360 kaki sebelum mengalir ke Danau Toba.

Bagi wisatawan yang tidak ingin atau membatalkan niat untuk turun ke bawah air terjun karena melihat kondisinya ga usah cemas, karena di lokasi ini udah disediakan gardu pandang dan disini juga wisatawan bisa bernarsis ria *poto-poto* dengan berlatar belakang Air Terjun Sipiso-piso.
Please share, follow and like us:
  1. Ini adalah salah satu air terjun yang ingin aku kunjungi kalau ke Sumut. Selain Sipiso-piso juga air terjun Sigura-gura yang ingin aku kunjungi nantinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>