One Day Tour Singapore

30 November 2012

Pagi-pagi buta tepatnya jam 6 waktu batam gue minta anterin ke pelabuhan Batam Center sama abang sepupu gue. Tujuannya adalah untuk nyebrang ke negara api singa di seberang sana yang memakan waktu 1 jam perjalanan dengan Ferry Sindo dan modal tiket promo yang berhasil gue dapetin seharga SGD24 di Nagoya Hill Batam, harga normalnya sih SGD 34. Sampai dipelabuhan langsung cek in dan bayar seaport tax sebesar SGD 7 di konter Sindo Ferry yang ada di lantai 2. 

*Tips: Bayar Seaport Tax di batam langsung pakai dollar singapur aja ya*.

Batam Center 

Next langsung masuk ke ruang tunggu tapi sebelumnya harus melewati imigrasi untuk mendapatkan stempel di paspor. Buat paspornya yang masih perawan alias masih baru dan belum ada stempelnya siap-siap aja ditanya macem-macem sama petugasnya, diberondong pertanyaan “mau kemana? Ngapain aja? Sama siapa? Berapa lama? Dibatam tinggal sama siapa?”. Pertanyaan simpel sih tapi kalau gugup jawabnya siap-siap aja ga dapet stempel imigrasi.

*cooooop* yes akhirnya distempel juga dan gue dengan tenang bisa masuk ke ruang tunggu, duduk-duduk cantik sambil ngobrol sama penumpang lainnya biar ga jenuh.

 

Jam 7.10 kapal pun berangkat meninggalkan Batam Center, ga banyak yang bisa dilihat sepanjang perjalanan ke singapur, yang ada hanyalah laut dan kapal-kapal besar. 15 menit sebelum sampai di Harbour Front Center mulai kelihatan gedung-gedung pencakar langit singapur, bahkan gedung yang ada di Marina Bay juga sudah mulai kelihatan. Ga sabar rasanya ingin cepat-cepat sampai.

FYI: ternyata pelabuhan Harbour Front Center ini letaknya berseberangan dengan sentosa island. 

Jam 9.10 waktu singapur gue pun sampai dengan selamat dan masih berasa goyang karena ada di beberapa titik yang ombaknya besar banget, jadi berasa boatlag gitu deh. Masuk ke pelabuhan melewati imigrasi gue juga sempat ditanya dengan pertanyaan yang sama seperti di batam sebelumnya tapi ada satu pertanyaan yang ngebuat gue cukup takut waktu diperiksa KTP gue yang ternyata nama gue di KTP dan paspor beda 1 huruf. Dan dengan memasang muka ganteng akhirnya paspor gue berhasil di stempel juga!!

Langsung cari stasiun MRT yang ada di lantai paling bawah dan sebelumnya sudah beli Standart Ticket buat masuk ke peron.  Tentukan tujuan, masukkan duitnya, keluar deh tiketnya dan sekarang tinggal di Tap di pintu masuk peron. Tujuan pertama gue adalah Orchard Road, disini bukan buat belanja loh ya!! disini gue cuma mau cek harga kamera DSLR pesenan dari dosen gue yang ada di Lucky Plaza dan ternyata harganya ga jauh beda sama yang ada di Indonesia. Oh ya sebelumnya kalau udah keluar dari peron jangan lupa untuk kembalikan tiketnya lagi di mesin tempat beli tiket untuk ambil Refund Deposit SGD 1, lumayan buat tambahan beli tiket berikutnya.

Puas jalan-jalan mengitari Orchard Road dan gue bagaikan seorang anak yang kehilangan arah dan tak tau tujuan kemana akhirnya gue mutusi untuk ke tujuan berikutnya yaitu ke Esplanade.  

Sampai di stasiun Esplanade dan gue keluar gedung di sambut dengan gerimis-gerimis manja dan gue tetep niat untuk berjalan menuju gedung yang bermodel seperti durian itu belum sempat nyebrang jalan dan masih ambil foto dari kejauhan hujan turun deras!!

Ok gue berteduh dan melihat ke sisi kiri gue ada singapore flyer, dan langsung jepret aja dari tempat berteduh dan sayangnya kondisi kali ini ga memungkinkan untuk ke singapore flyer. 30 menit menunggu hujan tak kunjung reda juga dan akhirnya gue mutusin untuk melanjutkan ke tujuan berikutnya ke Marina Bay, tadinya mau ke museum of art science singapore juga tapi ga jadi karena hujan.

Beli tiket, masuk peron, nunggu MRT dateng… Sampai di Raffles Place cuaca makin ga bersahabat dan gue kali ini dengan niat dan tekad yang bulat nunggu hujan reda di sekitaran cafe-cafe Merlion Park  sambil nge-teh di tengah hujan deres. Ternyata benar, ga lama nunggu akhirnya cuaca kembali cerah dan dalam waktu sekejap aja udah banyak yang ngumpul di sekitaran patung Merlion untuk berfoto-foto bagaikan anak alay. Nah dari sini juga bakal kelihatan gedung-gedung yang tadinya gue datengi tapi ga bisa mendekat karena hujan yang tak mengizinkan, ada Esplanade, Singapore Flyer, The Art Science Museum, Marina Bay.

 
Puas beralay ria gue lanjutin tujuan berikutnya ke China Town untuk beli oleh-oleh dan gue cuma beli ganci alias gantungan kunci seharga SGD 2/pcs dengan isi 6 buah, ada juga isi 36 buah dengan harga SGD10. Belum puas keliling daerah pecinaan singapur tiba-tiba hujan pun turun dengan derasnya ditambah petir yang sambar menyambar. Oke gue berteduh sebentar dan nunggu hujan reda di toko tempat gue beli ganci. 

Mulut komat kamit sambil berdoa biar hujan reda trus bisa ngelanjuti ke Universal Studio tapi ga reda juga sampai jam menunjukkan pukul 14.15 waktu singapur. Okelah gue pikir cukup sampai disini perjalanan gue disingapur dan melanjutkan perjalanan pulang ke batam melalui Harbour Front Center. Cek in di konter Sindo Ferry Lantai 3 kemudian masuk ke imigrasi di lantai 2, dan nunggu masuk ke kapal, dari sini gue liat cuaca semakin deras dan beruntungnya gue ga ngelanjuti ke Universal Studio kalau tetep ngelanjuti yang ada gue basah kuyup pulang ke batam.

Haaaah sudahlah yang penting gue udah ngejalani misi gue dan walaupun belum berhasil tapi itu semua memberikan pengalaman dan kesan yang cukup berharga bagi gue. Oh ya kalau di Pelabuhan Harbour Front Center jangan lupa untuk sering-sering liat ke information board biar ga ketinggalan kapal untuk pulangnya, soalnya kemaren cuma 1 aja information board yang aktif.

 
 
 
Please share, follow and like us:
  1. Gokil. Ini beneran jalan-jalan sendiri? Akkk gue belum berani. Tapiiii foto-fotonya bikin ngiri, pengen ke Singapur jugak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>