Transportasi Menuju Danau Toba [Update]

17082011(019)
Seperti yang sudah kita ketahui Danau Toba adalah salah satu Danau terbesar di Asia Tenggara, banyak wisatawan dari luar daerah bahkan ada yang datang dari luar negeri untuk berlibur menghabiskan waktunya untuk mengunjungi danau toba dan pulau samosir yang ada di tengah-tengah danau.

Banyak teman-teman Backpacker yang datang dari luar kota bertanya “bagaimana caranya ke Danau Toba?”. Di postingan ini saya bukan mau membahas tentang perjalanan saya ke Danau Toba, tapi mau berbagi tentang “bagaimana caranya ke Danau Toba?”. Saya akan coba membahas secara umum tentang transportasi umum apa saja yang bisa membawa kamu semua sampai ke Danau Toba.

1. Pesawat

Pesawat 
Sudah umum kalau pesawat banyak digunakan oleh para wisatawan untuk mencapai ke suatu tujuan, untuk tujuan ke Danau Toba kamu bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Kuala Namu Medan yang sekarang ini sudah banyak maskapai yang melayani tujuan Ke Medan dari berbagai daerah di Indonesia atau bahkan dari Luar Negeri. Contohnya: Garuda, Lion Air, Air Asia, Sriwijaya Air, Citilink, Malaysia Airlines, Batik Air dan lain-lain.

2. Bus

Bus

Cara selanjutnya untuk menuju ke Danau Toba adalah dengan menggunakan Bus, setelah sampai di Kuala Namu cari bus Damri menuju terminal amplas. Kemudian turun di Simpang Kayu Besar (silahkan bilang ke supir Damri) dengan tarif 10ribu. Setelah turun Simpang Kayu Besar, selajutnya carilah mobil-mobil travel atau juga bis/bus Sejahtera tujuan Parapat. Biaya transportasi menuju Parapat sendiri sekitar 30 ribu sampai 50 ribu. Kalau susah mendapatkan travel atau bus yang menuju parapat silahkan lanjutkan perjalanan hingga terminal Amplas, silahkan cari disana bus sejahtera tujuan Parapat.

Kemudian naik angkot ke pelabuhan  Pelabuhan Aji Bata atau tiga raja dengan membayar Rp.2.000/orang. Kemudian nyebrang dengan menggunakan kapal ke samosir ada 2 jurusan, yaitu tomok dan tuk-tuk dengan biaya Rp.5.000.
Tips: Sebagai perbandingan biaya transportasi dari Bandara Kuala Namu Medan jika kita menggunakan mobil travel atau taxi ke Parapat biasanya sekitar 300 ribu. Memang kita akan mendapatkan kenyamanan dalam perjalan.
Mudah bukan untuk mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir di Sumatera Utara? Sekian tips singkat “bagaimana caranya ke Danau Toba?”, kalau ada yang mau menambahkan silahkan komentar dibawah ini.
Please share, follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>