Manfaatkan Gratisan Di Kuala Lumpur

Hari gini cari gratisan di Luar Negeri??? Mana ada bro!! Kata salah satu teman saya. Mau buang air kecil aja bayar (RM 0.30 di Malaysia).

Eiiittsss jangan salah bung!! Justru di Negara besar mereka malah menjual yang gratisan tapi entah kenapa warganya sendiri malah jarang yang memakai fasilitas gratisan yang disediakan pemerintahannya sendiri. Oke saya ga mau berpanjang lebar cerita ga jelas, jadi langsung aja saya kasi tau beberapa fasilitas gratisan yang ada di Kuala Lumpur.

1. Mandi Gratis

Tanggal 3 januari 2013 adalah hari terakhir saya ada di Kuala Lumpur sebelum bertolak ke Penang untuk kembali ke Medan, pagi hari sudah check out dan langsung menuju Putra Jaya.

Sore hari saya sudah ada di KL lagi dan ketika itu saya berhenti di Stasiun Pasar Seni. Saya langsung menuju KLCC dgn cara gratisan (nanti saya ceritakan), sampai di KLCC saya sempatkan untuk santai di Taman Suria yang lokasinya tepat berada di belakang Mall Suria KLCC itu sendiri. Disini saya bersantai ria sambil online gratis (nanti saya ceritakan juga) dan menikmati pertunjukan air mancur yang sepertinya ada setiap sore hari.

Bilik Mandi dan Persalinan Lelaki 

Bilik Mandi 

Hari mulai gelap dan saya baru ingat belum mandi, sementara saya sudah check out dari Hostel, dan saya teringat pernah solat di Mesjid Negara dan ketika ambil wudhu melewati tempat mandi umum dan ruang ganti percuma alias gratis!!! Dari KLCC balik ke Pasar Seni (gratis), dari Pasar Seni lanjut jalan ke Mesjid Negara kurang lebih sekitar 10 menit, mandi dan ganti baju diruang yang telah disediakan (gratis), solat dan balik lagi ke Pasar Seni trus jalan ke Stasiun Puduraya yang sekarang namanya telah menjadi UTC.

2. Air Minum Gratis

Air Minum Gratis
 

Puas jalan-jalan (baca: city tour) mengitari kuala lumpur yang panas membuat saya haus, buat yang kebetulan lagi ada di Taman Suria KLCC disini disediakan air minum gratis, silahkan cari tempatnya di sekitar Taman Suria KLCC, bisa langsung diminum dan airnya seger banget, oh ya kalau mau di tampung di botol air mineral juga boleh tapi ya harus ngantri karena banyak orang yang memanfaatkan fasilitas gratis ini.

3. Free WiFi

Salah satu hal yang membuat saya mengurungkan niat untuk membeli nomor lokal di Kuala Lumpur untuk keperluan internet adalah banyak tersedia hotspot gratis, terutama di tempat-tempat umum seperti Bandara, Taman Suria KLCC, Hostel, Restoran atau Kedai Makan, bahkan di bus juga ada (Go KL), dan masih banyak lainnya,

4. Bus Gratis

Bus Go KL

Gratisan yang satu ini sepertinya tidak boleh dilewati untuk memghemat budget bagi seorang backpacker seperti saya ini.

Ada satu bus gratisan yang ada di kuala lumpur, yaitu GoKL. Selain gratis alias tidak di kenakan biaya apapun untuk naik bus ini, ada juga free wifi tapi untuk beberapa bus ada yang di password wifi-nya. Silahkan tanya ke kapten bus alias supirnya untuk meminta password. Untuk naik bus ini silahkan cari tempat pemberhentian bus yang ada bacaan GoKL.

Rute Bus GoKL

Tidak hanya di Kuala Lumpur yang punya Bus GoKl gratis, di penang juga ada bus gratis yang namanya CAT (Central Area Transit). Untuk naik bus ini silahkan cari logo bus CAT di setiap halte bus.

CAT Bus Penang

Rute Bus CAT Penang

Nah, itu dia gratisan yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat biaya selama ada di Kula Lumpur, masih ragu untuk menggunakannya? silahkan coba sendiri.

Please share, follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>