Potensi Wisata Tersembunyi Danau Siombak

Danau Siombak

Pernah dengar nama Danau Siombak? Atau mungkin kamu sudah pernah datang berkunjung ke sana?

Danau Siombak yang berlokasi di Jl. Pasar Nippon, Kec. Medan Marelan menyimpan potensi pariwisata yang belum diketahui secara luas oleh masyarakat Kota Medan. Menurut cerita masyarakat Danau Siombak ini terbentuk karena galian tanah untuk pembuatan Jalan Tol Belmera yang pada akhirnya menjadi Danau buatan seperti ini.

Kedatangan saya ke Danau Siombak ini adalah untuk yang pertama kalinya (17 Maret 2013) bersama beberapa travel-mates dari komunitas Blogger Sumut dan secara resmi juga untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki dan menjelajah kawasan Kecamatan Medan Marelan. Untuk mencapai lokasi wisata sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena untuk mencapai lokasi belum tersedianya angkutan umum yang bisa diakses.

Jl. Pasar Nippon

Tarif masuk yang dikenakan Rp. 5.000,- per kendaraan sepeda motor, cukup murah untuk kantong seorang Backpacker. Fasilitas yang disediakan masih belum banyak mengingat Danau Siombak ini masih akan terus dikelola sehingga menjadikannya sebuah tempat yang memiliki nilai Pariwiasata.

Untuk sementara fasilitas yang bisa dinikmati adalah tersedianya taman bermain untuk anak seperti kolam renang mini, mandi bola dan masih ada beberapa permainan outdoor lainnya. Untuk yang hobi memancing juga bisa menyalurkan bakatnya di Danau Siombak ini, tinggal bawa peralatan pancing dari rumah dan bersaing dengan pemancing lainnya walaupun hasil ikan hasil tangkapan banyak yang berukuran kecil. Tersedia juga pemondokan untuk bersantai sambil melihat ke arah Danau Siombak dengan tarif yang sudah ditentukan oleh pihak pengelola.

Tarif Sewa Pondok

Taman Bermain Anak

Ayo Memancing

Sejauh mata memandang dan sejauh langkah kaki menyusuri setiap sudut Danau Siombak yang terlihat adalah kondisi seperti tidak terawat dan tidak terjaga, banyaknya sampah membuat lingkungan sekitar Danau Siombak menjadi tercemar. Padahal bila dikelola dengan baik pasti akan mendatangkan wisatawan dan akan menghasilkan pemasukan bagi Negara serta meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat sekitar.

Berita lain yang kabarnya Danau ini telah dibeli oleh seorang investor asal Negeri Jiran, Malaysia yang akan mengelola Danau Siombak menjadi objek wisata yang benar-benar wajib di kunjungi.

Danau Siombak Dijual Ke Malaysia

Please share, follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>