Etika Ketika Di Luar Negeri

Indonesia berbeda dengan Negara lain, walaupun kita hampir atau bahkan serumpun tapi peraturan di Negara kita berbeda dengan Negara lain. Saya sering melihat orang Indonesia yang melakukan perjalanan ke Luar Negeri selalu mengibaratkan bahwa Negara yang mereka kunjungi adalah sama seperti Negara mereka sendiri, sehingga banyak dari mereka (orang Indonesia) yang sering melanggar peraturan di Negara lain, untungnya tidak ketahuan dan tidak kena denda, coba kalau ketahuan dan dikenai sanksi atau denda? Siapa yang bakalan repot? *pikir aja sendiri*

Dari beberapa perjalanan yang pernah saya lakukan ke Luar Negeri dan melihat banyaknya orang Indonesia yang melakukan kebiasaan yang salah, maka saya berniat membuat tulisan ini agar (semoga ada yang membaca) tidak menyusahkan diri sendiri dan orang lain.

1. Bagian Imigrasi

Di Negara manapun ketika kita akan mengambil cop atau stempel imigrasi kita diharuskan antri di belakang garis yang telah disediakan, jadi selalu perhatikan tulisan atau tanda dimana kita harus mengantri. Tunggu dan  perhatikan giliran hingga di panggil petugas. Jangan pernah mengikut teman kita yang didepan ketika di panggil!! Tetaplah berdiri cantik di belakang hingga giliran kita dipanggil.

Ucapkan Hello atau good morning atau kata sapaan yang sopan sambil menyerahkan paspor, jawab pertanyaan seperlunya saja ketika di tanya, ucapkan terima kasih ketika paspor selesai di stempel dan tersenyumlah.

2. Naik Eskalator

Eskalator 

Kebiasaan orang Indonesia ketika naik ekalator atau tangga berjalan ketika bersama temannya adalah selalu berdiri bersampingan sehingga orang lain yang sedang terburu-buru dari belakang tidak bisa lewat.

Hal ini tidak bisa kita lakukan di Negara lain, umumnya ketika kita tidak sedang tergesa-gesa sebaiknya kita harus berada di sebelah kiri agar orang lain bisa lewat jika dalam keadaan mendesak.

3. Antri

Antri Beli Tiket MRT 

Budaya antri sepertinya masih belum mendarah daging untuk kebanyakan orang di Indonesia. Selalulah mengantri ketika akan membeli tiket, minuman atau makanan, atau apapun itu yang bersifat mengantri dan biasakan mempersilahkan orang yang di belakang kita untuk maju ketika kita telah selesai. Percayalah orang lain akan respect kepada kita.

4. Transportasi Umum

Berhenti Di Garis Kuning 

Ketika hendak naik LRT, MRT atau Kereta api biasakan berdiri disisi kanan atau kiri di sebelah pintu yang akan terbuka, perhatikan tanda anak panah di lantai, disitulah kita harus berdiri dan berdirilah di garis yang telah ditentukan. Utamakan penumpang didalam yang akan turun untuk keluar terlebih dahulu kemudian kita baru masuk. Perhatikan juga tempat duduk yang akan kita duduki apakah itu kursi untuk ibu menyusui, orang tua atau orang yang membutuhkan tempat duduk khusus, jangan pernah kita duduk di tempat yang sudah diberi tanda itu jika tidak dalam keadaan mendesak.

Naik bus umumnya kita bisa membayar di dalam atau dengan Tap kartu khusus untuk menaiki bus. Untuk masuk kedalam bus melalui pintu depan, untuk turun dari pintu belakang atau pintu kedua. Bayar dengan uang pas jika membayar di dalam bus, jika membayar lebih maka supir tidak akan mengeluarkan kembalian karena uang akan masuk ke dalam kotak khusus yang telah disediakan, untuk tarif silahkan tanya kepada sopir bus.

Untuk menunggu bus carilah halte terdekat dan perhatikan rutenya, jika ingin turun pencet tombol yang ada di tiang atau disebelah kiri dekat jendela dan supir akan berhenti di halte terdekat.

5. Sopan

Biasakan menggunakan kalimat yang sopan dan sederhana seperti ini >> hello, excuse me, help, thank you < < ketika hendak bertanya, meminta pertolongan atau telah diberi bantuan. Dan utamakan sikap sopan kita ketika bertemu dengan siapapun.

Mungkin itulah sedikit etika yang setidaknya bisa membuat kita dapat disegani orang lain ketika berada di luar negeri dan tidak ada salahnya dapat diterapkan juga di negara sendiri.

Please share, follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>