Kesawan Medan

Dari Istana maimun kami terus menelusuri jejak wisata kota medan yang kali ini saya dan travel-mates berhenti di daerah Kesawan Medan. Untuk menuju Kesawan saya hanya tinggal tancap gas dari Istana Maimoon kemudian jalan terus ke arah Jl. Ahmad Yani medan, bisa juga menggunakan angkot seperti kak ami dan kak nia atau naik becak medan.

Tentang Kesawan Medan

Kesawan adalah nama sebuah daerah yang ada di Medan, kawasan ini banyak dijumpai bangunan-bangunan tua yang bersejarah sejak jaman kolonial belanda yang terlihat dari bentuk arsitektur bangungannya. Wisatawan bisa menyusuri lokasi ini yang berada di Jalan Ahmad Yani Medan.
Sebelumnya sekitar tahun 1880 daerah kesawan medan ini dihuni oleh penduduk Melayu tapi kemudian orang-orang Tionghoa berdatangan untuk berdagang dan menetap didaerah ini sehingga kasawan ini biasa juga disebut China Town-nya Medan.
Saat ini kawasan ini banyak dijadikan sebagai pusat jajanan makanan khas kota medan yang ramai pada malam hari, orang medan biasa menyebut tempat ini dengan Kesawan Square.
Dari beberapa peninggalan bangunan tua jaman kolonial bersejarah ternyata masih ada yang eksis sampai saat ini dipertahankan keutuhannya, diantaranya ada Gedung PT. London Sumatera, Cafe Tip Top yang masih beroperasi sampai saat ini dari zaman kolonial dan terkenal dengan jajanan es krimnya, ada juga Tjong Afie Mansion yang merupakan saudagar kaya raya di kota medan yang pernah berkontribusi dalam pembangunan Mesjid Raya Medan.

 

Tjong Afie Mansion

 

Restauran Tip Top

Motor saya parkir di dekat Restoran Tip Top dan kamipun langsung menyusuri diantara bangunan-bangunan tua yang masih terawat keberadaannya sampai sekarang ini. Restoran Tip Top yang merupakan salah satu objek wisata kuliner dan Tjong Afie Mansion (artikel ada di postingan berikutnya) yang masuk kedalam kategori wisata sejarah tak luput dari perhatian kami.
Pecinta Photograpi yang menyukai bangunan tua di sekitaran Kesawan sepertinya wajib mengunjungi daerah ini karena melihat dari segi artistik bangunannya bisa menambah koleksi foto pribadi.
Pengeluaran:
– Parkir Motor : Rp. 1.000
Bersambung…

 

Please share, follow and like us:
  1. wowww keren yah legenda bgt neh tempat!

    *** btw script content protecting-nya mengganggu bgt bang,,, bikin pengunjung gak nyaman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>