Tjong Afie Mansion

Tjong Afie (1860-1921) adalah seorang saudagar kaya raya di Medan pada jamannya yang berasal dari Tiongkok dan sukses membangun bisnis besar dalam bidang perkebunan di Sumatera Utara. Selain sukses dan kaya raya Tjong Afie juga sangat dihormati dan disegani karena beliau menguasai bidang ekonomi dan politik, beberapa kerjaaan bisnisnya yang sukses adalah perkebunan, pabrik minyak kelapa sawit, pabrik gula, bank dan perusahaan kereta api. Tjong Afie juga dikenal dermawan dan sangat dekat dengan masyarakat pribumi dan Tionghia kota medan sehingga beliau disegani orang-orang.

 

Kediaman Tjong Afie ini terletak dijalan Ahmad Yani, Kewasan, Medan yang sekarang ini dijadikan sebagai Tjong Afie Mansion. Rumah ini mulai dibuka untuk umum pada 18 Juni 2009 sebagai peringatan ulang tahun Tjong Afir yang ke-150.

 

Rumah ini didesain dengan gaya arsitektur campuran Tionghoa, Eropa, Melayu dan art-deco yang menjadi salah satu objek wisata sejarah di kota Medan. Dirumah ini pengunjung bisa mengetahui sejarah kehidupan Tjong Afie melalui foto-foto, lukisan dan perabotan rumah yang pernah digunakan oleh keluarganya pada masa itu.
Halaman Depan Tjong Afie Mansion
Ruang tamu berada di lantai satu dibagi atas tiga bagian, kanan, kiri dan tengah depan. Ruang depan biasa digunakan Tjong Afie untuk menerima tamu umum, ruang sebelah kiri untuk tamu dari masyarakat Tionghoa, sedangkan disebalah kanan khusus untuk menerima tamu dari Kerajaan Sultan Deli.

 

Rumah ini memiliki dua kamar utama, keduanya mengapit ruang sembahyang, kamar disebelah kiri menjadi ruang pamer foto sedangkan kamar disebelah kanan merupakan kamar tidur. Tempat tidur besar yang berkelambu yang masih terawat dengan baik diruangan ini juga masih ada sebuah koper besi yang dibawa Tjong Afie ketika pertama kali merantau ke Tanah Deli (baca: Medan).

 

Tjong Afie Mansion ini terbuka untuk umum setiap hari dari pukul 08.00 sampai 17.00, tarif masuknya Rp. 35.000.

 

Please share, follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>