Museum Situs Kota Cina

Alamat Museum Situs Kota Cina

 

Satu lagi potensi pariwisata di Kota Medan yang masih belum dikenal luas masyarakat “Museum Situs Kota Cina”. Bisa dibilang tempat ini masih baru dan masih dalam tahap renovasi dibawah pengawasan Pemko Medan. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Danau Siombak, tepatnya berada di Jl. Kota Cina, Kec. Medan Marelan.

Sangat disayangkan ketika saya dan travel-mates berkunjung ke lokasi Museum Situs Kota Cina pada tanggal 17 Maret 2013  tempat ini lagi tahap renovasi dan tidak dibuka untuk umum sementara waktu, tapi saya akan menceritakan tentang Museum Situs Kota Cina ini yang saya dapat dari sumber yang dipercaya.

Pada 1989 arkeolog menemukan kapal kuno ditepi Danau Siombak yang lokasinya tidak jauh dari Situs Kota Cina Medan Marelan. Ia mengatakan, pecahan kapal kuno itu ditemukan menjelang akhir eskavasi (penelitian arkeologis) pada Rabu (2/22/12) sekitar pukul 17.00 WIB oleh team arkeolog yang sudah dilakukan sejak April 2011.
Eskavasi yang dipimpin arkeolog Perancis Daniel Perret tersebut berhasil menemukan serpihan kapal kuno di Kota China Medan Marelan pada kedalaman 1,40 meter. Serpihan kapal itu ditemukan pada kotak gali ukuran 3×4 meter yang berlokasi di halaman depan Museum Situs Kota Cina yang digali sejak 6 Februari 2012. Dalam kotak yang sama juga juga ditemukan banyak pecahan lainnya seperti keramik China kuno, manik manik kaca bahkan serpihan emas serta tahi besi.
Penelitian itu melibatkan 30 orang peneliti dan tenaga pembantu lapangan yang dilaksanakan secara kerja sama antara Pusat Arkeologi Nasional, Balai Arkeologi Medan, Pussis-Unimed dan Museum Kota Cina. Temuan tersebut semakin memperkuat hipotesis tentang peranan Kota Cina sebagai bandar perniagaan di Sumatera Timur pada abad 11 sebagaimana yang ditegaskan oleh Dr Edwards McKinnon dalam disertasi doktoralnya di Cornell University Amerika Serikat.

 

(Sumber: republika)
Museum Situs Kota Cina

 

Kawasan Situs Kota Cina

Dengan ditemukannya berbagai peninggalan benda-benda bercorak cina tersebut maka Pemko Medan mendirikan museum ini sebagai alternatif wisata baru Kota Medan dan juga menjadi saksi sejarah kapan dimulainya perdagangan cina masuk ke Sumatera Utara.
Saat ini Museum Situs Kota China menjadi wisata sejarah dan budaya yang sangat potensial di Kota Medan. Meskipun Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan masih kurang memperhatikan keberadaannya sehingga Museum Situs Kota China belum begitu akrab terdengar di kalangan masyarakat Sumatera Utara, khususnya Kota Medan.

 

Please share, follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>