Museum Rahmat Medan

Museum Rahmat
Rahmat International Wildlife Museum & Gallery atau yang akrab dikenal dengan Museum Rahmat adalah satu-satunya Museum & Gallery hewan di Asia yang memiliki ±1000 species dari berbagai Negara mulai yang terkecil hingga terbesar sesuai habitatnya.

Melalui Museum & Gallery ini pengunjung diajak untuk mengenal keanekaragaman satwa liar yang ada di dunia agar terpanggil untuk lebih menyayangi dan menjaga kelestarian lingkungan hidup satwa liar.

Karena besarnya minat masyarakat atas kehadirannya maka sejak tahun 2005 hingga 2007 dilakukan pemugaran dan perluasan bangunan yang lebih besar sehingga semakin lengkap dengan luas gedung ±3000m dan telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Bapak DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 13 November 2007. Museum & Gallery ini juga telah masuk Record Book dan telah menerima berbagai penghargaan Nasional dan Internasional di bidang Konservasi dalam upaya pencegahan kepunahan satwa liar dunia.

Koleksi Piala Penghargaan
Koleksi Piagam Penghargaan
Seluruh koleksi satwa liar yang ada ditata sedemikian rupa berdasarkan jenis dan habitatnya, sehingga para pengunjung lebih mudah mengenal nama, asal-usul dan jenis satwa liar tersebut, koleksi satwa liar tersebut diperoleh dari:
  • Perburuan legal dengan konsep konservasi dengan pemanfaatan yang telah dilakukan oleh hampir seluruh Negara untuk mencegah kepunahan dan menambah populasi satwa liar.
  • Satwa liar yang mati ditaman hewan dan kebun binatang dari berbagai Negara.
  • Sumbangan dari berbagai Negara.
  • Serta pembelian secara legal diberbagai Negara.

Setiap ruangan mempunyai tema kokeksi tersendiri. “African Big Five” yang menampilkan 5 satwa liar paling berbahaya dan terbesar, Gajah, Badak Putih, Banteng, Singa dan Macan Tutul.

African Big Five
African Big Five

 

“Cats Of The World” menampilakan keanekaragaman jenis kucing besar dari seluruh penjuru dunia.

 

Cats Of The World

 

“Kingdom Of Birds” yang menampilkan koleksi berbagai jenis burung dunia.
Kingdom Of Birds

 

“Pheasants Of The World” dan “Varieties Bird Of Paradise” menyuguhkan kenanekaragaman jenis Ayam Emas dan Burung Cendrawasih.
Pheasants Of The World
“Dry Aquarium” yang berisikan berbagai jenis hewan laut.

 

Dry Aquarium
“Bear Room” terdapat berbagai jenis beruang yang berasal dari daerah tropis hingga daerah Antartika.
Bear Rooom
Bear Room
Berbagai jenis Kambing Gunung dan Domba Liar ditenpatkan secara alami pada sebuah gung dengan tema “Mountain Of Sheep”.
Mountain Of Sheep
Dan masih banyak lagi tema lainnya yang akan memebuat pengunjung terkesan dan berdecak kagum.
Zebra

 

Tertarik untuk berkunjung dan menyaksikan koleksi hewan-hewan liat tersebut? Silahkan datang ke “Rahmat” International Wildlife Museum & Gallery yang beralamat di Jl. S. Parman No.309 Medan, Sumatera Utara. Buka setiap: Selasa – Minggu pukul 09.00 – 17.00 WIB.
Please share, follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>