Tips memilih travelmates

Ga selamanya jadi backpacker alone itu harus traveling sendirian, adakalanya harus traveling bareng travelmates atau teman perjalanan. Terkadang kalau salah memilih travelmates malah memyusahkan diri sendiri seperti yang pernah saya alami. Dari pengalaman itulah muncul ide untuk berbagi tips memilih travelmates agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

1. Teman Dekat Belum Tentu Menjamin

Tidak semua orang yang sudah lama dikenal bisa menjamin perjalananmu lebih seru, kenapa? Biasanya kalau sudah lama kenal akan memunculkan suasana yang biasa-biasa saja alias garing, hal ini juga berlaku jika bepergian dengan anggota keluarga sendiri, biasanya dalam perjalanan tidak ada percakapan khusus yang menarik.

2. Pilih Travelmates Humoris

Biasanya kalau sudah lelah jalan seharian pasti mood akan cepat berubah dan orang-orang yang humoris biasanya punya banyak ide untuk membuat mood kembali bagus untuk melanjutkan perjalanan. Disinilah peran penting memilih travelmates humoris, coba saja ajak mengobrol dengan membicarakan hal-hal aneh, otomatis orang-orang humoris ini bisa membuat lelucon untuk menghibur diri kita.

3. Tau aturan yang berlaku

Ketika mengunjungi suatu daerah atau Negara pastinya peraruran-peraturan yang ada disana tidaklah sama dengan yang ada di tempat tinggal kita. Contoh sederhana adalah mengantri dan berdiri di sebah kiri eskalator ketika tidak terburu-buru.

Saya pernah punya travelmates seperti ini, sedih rasanya karena dia menganggap negara lain adalah negaranya dan menyamakan peraturan dengan yang ada dinegaranya.

4. Care!!

Carilah teman yang peduli akan masing-masing dari teman perjalannya. Contoh kejadian yang saya alami waktu itu adalah ketika saya sedang sakit perut karena telat makan tapi travelmates saya tidak ada sedikitpun rasa perdulinya terhadap saya untuk mengambilkan air hangat di pantry hostel. Mau ga mau saya harus berjalan sendiri turun ke bawah dengan kondisi lemas karena perut melilit.

5. Mudah bersosialisasi

Orang yang mudah bergaul dengan orang lain dimanapun berada pasti akan membuat perjalanan merasa nyaman, karena orang yang mudah bersosialisasi biasanya mudah menerima pendapat orang lain serta mudah mendapatkan teman baru.

Untuk mencari travelmates seperti ini gampang sekali, perhatikan kehidupan dia di masyarakat tempat tinggalnya apakah pernah bersosialisasi atau tidak, atau coba lihat akun twitter atau facebooknya, apakah ada penambahan pertemanan dari orang-orang yang sebelumnya tidak dikenal atau tidak, kemudian ikut suatu komunitas atau tidak.

6. Mudah diajak bercanda

Ini sudah pasti harus dipilih supaya perjalanan tidak terlalu kaku, dengan sedikit bercanda perjalanan lebih menyenangkan.

7. Tidak manja

Nah ini yang penting!! Contoh tidak manja disini adalah mau tidur di bandara, pelabuhan atau bahkan stasiun bus apabila kita sampai disuatu tempat lewat tengah malam, sementara angkutan umum selain taksi sudah tidak ada.

8. Gak norak dan ga malu-maluin

Jangan sampai salah pilih temen perjalanan yang norak dan pastinya nanti bakal maluin dirimu sendiri. Yang pasti ga kayak orang kampungan.

Please share, follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>