Air Terjun Pelangi Indah

Air Terjun Pelangi Indah

 

Air Terjun Pelangi Indah yang menurut warga lokal baru ditemukan sekitar bulan juli 2012 lalu kemudian Dinas Pariwisata meresmikannya pada bulan Oktober 2012. Lokasinya berada di Desa Tanjung Timur, tidak jauh dari Danau Linting. Disekitar kawasan Air Terjun ini masih terasa asri dan alami, mengingat letaknya yang berada di tengah hutan dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Rasa penasaran itu akhirnya terbayar juga setelah mendengar cerita dari beberapa teman yang bilang “tidak jauh dari Danau Linting ada air terjun, tapi jalannya ekstrem”. Terlebih @rezaantoni yang sangat penasaran sama air terjunnya membuat saya melaju kencang jalan lurus tetapi hampir 15 menit perjalanan kami tidak menemukan tanda-tanda ada air terjun di sekitar sini. “Za kita udah jalan jauh nih tapi ga ada tanda-tandanya, pulang aja yuk!!”, begitulah kalimat yang terucap ketika hampir putus asa, tetapi @rezaantoni berkata lain, “bentar lagi juga sampai bang, udah kita jalan aja terus atau tanya-tanya deh”.

Sudah tidak bergairah lagi sebenarnya untuk melanjutkan perjalanan ini tetapi Travel-mates saya yang satu ini masih terbakar rasa penasarannya yang akhirnya saya pun tancap gas terus melaju hingga akhirnya menemukan sebuah spanduk yang bertuliskan dan mengarahkan lokasi Air Terjun Pelangi Indah belok kanan. Tanda-tandanya sudah kelihatan tetapi masalah lain muncul, ketika mengikuti jalan yang diberikan di depan, sampai akhirnya kami mentok diujung jalan buntu yang mana itu adalah Sekolah Dasar. Kami pun saling bertanya-tanya “kita dimana? Masa jalannya buntu? Ga bener tuh spanduk di depan”. Sempat muncul rasa takut saya ketika berada di ujung jalan ini, mengingat ujung jalan ini adalah sebuah Sekolah Dasar yang berada di tengah hutan.

 

Dengan cepat saya berbalik arah dan kembali ke persimpangan jalan di depan dan bertanya sama anak kecil, “dek air terjunnya dimana ya?, kami tadi nyasar udah sampai di ujung jalan yang ada sekolah itu”, kemudian adik itu menjelaskan sambil menertawakan kami *sialan*, “abang kejauhan, gak jauh dari sini nanti ada di sebelah kiri spanduk sapta pesona trus masuk aja ke dalam”. Sebagai pejalan yang ramah, baik hati rajin menabung, pintar menjahit dan tidak sombong saya mengucapkan terima kasih kepada adik itu.

 

Selamat Datang
Oke masuk lagi ke jalan yang tadi dan memperhatikan ada spanduk sapta pesona, “ooooh ini ternyata, tapi kok kondisi jalannya begini ya?”, gerutu saya karena melihat jalan yang turunan dan berbatu dicampur pasir. Dengan kecepatan 5km/jam saya sudah tidak sanggup lagi untuk meneruskan perjalanan karena tangan saya sudah kram dan sakit mengemudikan motor ini. Tapi seakan tak mau kalah @rezaantoni mentransfer semangatnya, jadilah saya memiliki kekuatan super.

Dan akhirnya kami menemukan spanduk lagi yang bertuliskan Air Terjun Pelangi Indah, “akhirnya sampai jugaaaa…..capeeek” teriak saya.
Air Terjun
Motor sudah di parkir dan saatnya menuruni tebing yang sudah dibuat anak tangga ke bawah dengan kondisi tanah yang sedikit licin bercampur lumpur, karena semalam hujan deras. Sesampainya di bawah langsung mengeluarkan peralatan tempur, ambil tab langsung rekam video dan foto-foto. Sayang, ketika kami sampai kondisi airnya berwarna keruh karena semalam hujan turun deras, ditambah dengan kondisi bebatuan yang besar dan licin mengharuskan kami berhati-hati untuk turun lebih dekat lagi ke air terjun. Benar saja ternyata bebatuannya licin terbukti @rezaantoni terpeleset. Terlihat beberapa rombongan yang datang ke sini, salah satu rombongannya adalah junior saya di kampus.
Sedang Galau

 

Tadinya sih niat mau main air tapi karena melihat kondisinya seperti itu mau tidak mau mengurungkan niat itu. Setelah puas menikmati alam yang masih perawan ini kami pun kembali keatas dengan menaiki anak tangga. Nafas terasa berat ketika sudah sampai setengahnya, keringat mengalir deras dari kepala dan badan, kembali saya teringat kejadian di air terjun sipiso-piso menaiki anak tangga yang katanya berjumlah 1000 buah. Dengan penuh perjuangan akhirnya sampai juga diatas dan langsung terduduk.

 

Sedang asik duduk kemudian dihampiri warga lokal dan terjadilah perbincangan singkat sama bang hongky yang katanya Air Terjun Pelangi Indah ini masih baru ketika pertama kali ditemukan warga lokal sekitar juli 2012 dan diresmikan Dinas Pariwisata pada Oktober 2012. Bang hongky juga menambahkan katanya sudah ada perencanaan memperbaiki akses menuju ke sini tapi masih sebatas isu saja. Padahal kalau dikembangkan lebih lanjut bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi warga lokal yang memanfaatkan potensi wisata tersembunyi ini.

 

Cukup sudah misi #MedanCityTour hari ini berkunjung ke Danau Linting dan Air Terjun Pelangi Indah, sebenarnya masih ada lagi objek wisata yang menguji adrenalin yang lokasinya tidak jauh dari Air Terjun Pelangi Indah ini, katanya ada sebuah jembatan gantung tepanjang di Sumut yang dibawahnya jurang dalam, jembatan ini menghubungkan Deli Serdang dan Simalungun, warga setempat menyebutnya Titi Gantung STM Hulu. Berhubung saya sudah merasa lelah akhirnya menyudahi perjalan ini berakhir sampai disini, semoga lain waktu bisa berkunjung ke Titi Gantung STM Hulu.
Please share, follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>