Wajib Pajak Travel Blogger

IMG_2242

Sebagai seorang travel blogger sejak tahun 2012 saat itu gue sendiri masih menyandang status Mahasiswa. Tapi semenjak lulus kuliah dan mendapakan pekerjaan tetap isi dompet gue bertambah satu penghuni lagi, yaitu kartu NPWP.

Sebagai warga negara yang baik dan travel blogger yang taat hukum sudah selayaknya gue punya kartu ini (NPWP). Tahun 2014 gue resmi menjadi karyawan kantoran yang wajib punya NPWP dan gue mau ga mau harus buat juga biar potongan (gaji) pajaknya ga terlalu besar kalau sudah punya NPWP.

Di tahun 2015 tepatnya di bulan maret, teman-teman satu team project pada heboh bahas soal SPT. Gue yang baru setahun punya NPWP masih newbie soal beginian. Ternyata setelah tahu apa itu SPT dan bagaimana cara melaporkannya gue langsung menuju kantor pajak di daerah Pancoran untuk melaporkan SPT tahunan.

Padahal mah kagak punya harta apa-apa, tapi jujur aja dalam penyampaian harta yang dimiliki pada saat pelaporan SPT.

Sampai di KPP Pratama (lupa) yg ada di Pancoran, bingung harus mau ngapain lagi, petugas belum ada yang dateng karena gue datengnya kepagian. Ternyata jam 9.30 pelayanan baru dimulai, gue yang udah duduk manis di dekat meja help desk langsung dipanggil untuk dibantu apa keluh kesah gue…

… Elaaaaah dikata lagi periksa ke dokter.

Gue langsung tanya-tanya sama ibu petugas help desk tentang bagaimana cara melaporkan SPT tahunan dan apa saja persyaratannya. Karena dari kantor gue udah dibekali surat bukti pemotongan pajak, kemudian ibu petugas SPT menyuruh gue untuk mengisi formulir yang isinya sesuai dengan bukti pemotongan pajak yang gue bawa dari kantor.

Setelah itu diperiksa kembali formulir yang baru saja diisi, apakah sudah sesuai atau belum. Kalau sudah sesuai maka disuruh ambil nomor antrian untuk SPT Tahunan. Ketika nomor antrian dipanggil lalu serahkan formulir yang baru saja diisi ke petugas, kemudian petugas memvalidasi lagi sebentar saja. Tidak berapa lama kemdian kalau sudah sesuai datanya maka akan di cetak bukti kalau kita sudah lapor pajak tahunan.

IMG_2241

Aaaaaah leganya gue sudah menyelesaikan kewajiban sebagai warga negara dan travel blogger untuk membayar pajak tahunan serta melaporkan harta kekayaan yang dimiliki. Jadi bangga sama diri sendiri, punya penghasilan, sering traveling, tapi tidak lupa untuk bayar pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>