Weekend Getaway to Ho Chi Minh City

Bosan dengan gaya liburan yang gitu-gitu aja? Coba deh sesekali mengganti gaya liburan dengan mencoba mengunjungi tempat baru atau liburan sambil belajar sejarah negara lain dengan berkunjung ke Ho Chi Minh City misalnya. Ho Chi Minh City merupakan salah satu kota besar yang ada di Vietnam dan terletak dekat Sungai Mekong. Ho Chi Minh City punya segudang sejarah perang yang kelam dan kini peninggalan sejarah tersebut masih terjaga dan dijadikan wisata sejarah yang dikemas dengan cukup baik oleh Pemerintah Vietnam.

Untuk mengunjungi Ho Chi Minh City cukup 3 hari 2 malam saja sudah bisa menjelajahi seluruh kota. Penasaran dengan wisata apa saja yang terdapat di Ho Chi Minh City dan yang wajib dikunjungi untuk dijadikan weekend getaway ke Ho Chi Minh City? Berikut beberapa tempat yang wajib dikujungi di Ho Chi Minh City:

1. Chu Chi Tunnel

Chu Chi Tunnel atau terowongan Chu Chi (baca: Ku Ci) yang merupakan salah satu saksi bisu peninggalan sejarah di Ho Chi Minh City. Terowongan ini mempunyai panjang lebih dari 200 KM ini dan saat ini hanya sekitar 120 KM saja yang masih terawat dan dibuka untuk wisata sejarah. Pada awalnya terwongan ini dibuat untuk tempat perlindungan tentara Vietnam selama perang Vietnam. Didalam terowongan ini terdapat rumah sakit, dapur umum, kamar tidur, ruang pertemuan, bahkan sebagai gudang senjata juga. Kalau berkunjung ke Ho Chi Minh City tidak ada salahnya juga untuk ikut masuk ke dalam terowongan dan merasakan atmosfir perang vietnam pada jaman dahulu.

Chu Chi Tunnel, Ho Chi Minh City

Chu Chi Tunnel

2. Reunification Palace

Independence Palace atau yang lebih dikenal dengan Reunification Palace merupakan salah satu landmark yang ada di Saigon atau Ho Chi Minh City. Selama perang Vietnam, Reunification Palace merupakan rumah sekaligus kantor tempat bekerja Presiden Vietnam Selatan pada saat itu. Didalam Reunification Palace ini masih tertata dengan baik semua ruangan yang ada didalamnya, misalnya ruang rapat, ruang santai dan ada masih banyak juga peninggalan sejarah selama perang Vietnam yang terdapat diberbagai sudut ruangan lainnya didalam gedung berlantai 4 ini.

Reunification Palace, Ho Chi Minh City

Reunification Palace

3. Saigon Central Mosque

Ditengah gencarnya pemerintah membangun kota Ho Chi Minh City dan diantara kaum mayoritas yang ada disana ternyata masih ada kaum minoritas umat muslim di Ho Chi Minh City. Saigon Central Mosque atau yang lebih dikenal dengan Masjid Musulman merupakan salah satu bukti sejarah tentang keberadaan umat muslim di Ho Chi Minh City. Saigon Central Mosque merupakan salah satu dari 12 Mesjid yang ada di Ho Chi Minh City dan dibangun pada tahun 1935. Mesjid ini biasanya ramai pada hari jumat ketika umat muslim pria menunaikan kewajibannya untuk melaksanakan sholat jumat. Disekitar mesjid ini juga terdapat restoran halal.

Saigon Central Mosque

Saigon Central Mosque

4. City Hall – Ho Chi Minh City People’s Committee

City Hall merupakan salah satu landmark yang cukup tua yang ada di Ho Chi Minh City dan sampai saat ini masih terlihat kemegahannya. Dibangun pada tahun 1902-1908 dan mulai digunakan sebagai hotel pada tahun 1909 yang awal mulanya bernama Hotel de Ville de Saigon. Kemudian pada tahun 1954 namanya diganti menjadi City Hall of Saigon dan namanya kembali berubah menjadi Ho Chi Minh City People’s Committee pada tahun 1975.  Walaupun mempunyai kesan yang elegan dan mewah tapi gedung ini sudah tidak dibuka untuk umum.

5. Saigon Central Post Office

Bagi wisatawan yang datang ke Saigon Central Post Office selain bisa mengirim surat ke kampung halaman bisa juga membeli berbagai jenis kartu pos untuk dijadikan koleksi. Kantor  pos yang masih aktif mengirimkan surat ke seluruh dunia dibangun antara tahun 1886-1891 dan menjadikannya salah satu bangunan tertua yang masih aktif dipergunakan untuk masyarakat umum sampai saat ini.

Saigon Central Post Office

Saigon Central Post Office

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>