Tempat Menarik di Gunung Gede

Punya rencana mendaki Gunung Gede? Mungkin buat yang baru pertama kali mendaki Gunung Gede mulai mencari di internet seputar informasi Gunung Gede. Baik itu tata cara pendaftaran simaksi (FYI: Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi), jalur pendakian atau mungkin mencari informasi tempat menarik yang ada di Gunung Gede. Berikut beberapa tempat menarik yang bisa ditemukan ketika mendaki Gunung Gede melalui jalur Cibodas yang tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga: 13 Jam Tektok ke Gunung Gede

1. Jembatan Curug Cibereum
Lokasinya tidak jauh dari pos pendaftaran pendakian Gunung Gede, dengan berjalan kaki sekitar 15-30 menit sudah sampai di Jembatan Curug Cibereum. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik disarankan sampai dilokasi sekitar pukul 7-8 pagi, karena akan terlihat Gunung Gede berdiri dengan gagahnya.


2. Air Panas

Jika melewati jalur cibodas menuju puncak Gunung Gede, salah satu objek yang tidak boleh dilewatkan adalah sumber mata air panas. Tidak ada salahnya untuk melepas penat dengan merendamkan kaki disalah satu kolam air panas yang suhunya cukup hangat.

sumber mata air panas

 

3. Kandang Badak

Setelah melewati sumber mata air panas tidak lama kemudian akan sampai di Pos Kandang Badak. Camp area yang cukup luas ini menjadi titik untuk berkumpul, istirahat atau mendirikan tenda sebelum mendaki ke puncak. Di Pos Kandang Badak ini terdapat penjual makanan (gorengan, mie instan dan lain-lain) dan minuman (kopi, teh, susu jahe dan lain-lain), disarankan untuk membawa uang tunai yang cukup banyak jika ingin jajan cemilan, karena harganya cukup mahal.

kandang badak

4. Tanjakan Setan

Tanjakan Setan merupakan salah satu jalur pendakian paling menantang yang wajib di coba ketika mendaki lewat jalur cibodas atau setelah turun dari puncak Gunung Gede. Walaupun sudah dilengkapi dengan tali untuk berpegangan tapi untuk naik ke atas tapi harus tetap berhati-hati karena kemiringannya hampir 75 derajat dan jika hujan maka Tanjakan Setan ini menjadi licin.

Tempat Menarik di Gunung Gede Tanjakan Setan

5. Puncak Gunung Gede

Berada di ketinggian 2.958 mdpl menjadi tujuan setiap pendaki Gunung Gede. Kawah yang masih aktif akan mengeluarkan asap belerang yang cukup tebal. Tidak usah khawatir jika kehabisan stok makanan dan minuman, dipuncak Gunung Gede ada yang jual makanan dan minuman juga.

6. Alun-Alun Suryakancana

Dataran luas yang berada di ketinggian 2.750 mdpl ini mejadi salah satu tempat menarik bagi pendaki. Alun-Alun Suryakancana menyuguhkan pemandangan luar biasa yang tidak ada habisnya. Terdapat hamparan bunga Edelweiss yang menjadi spot utama, kabut tebal yang datang silih berganti kemudian hilang dan juga jika beruntung akan melihat matahari terbenam dengan semburat warna jingga di ufuk barat Alun-Alun Suryakancana.

Please share, follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>