Indonesia

Panorama Pabangbon (PAPA)

Panorama Pabangbon

Tujuan wisata di Bogor setiap tahunnya terus bertambah dan berbenah untuk meningkatkan kunjungan jumlah wisatawan. Wisata alam di Bogor mulai banyak digemari dan yang terbaru di tahun 2017 ini adalah Panorama Pabangbon (PAPA) yang menyajikan tempat wisata dengan pemandangan alam (viewdeck) seperti kawasan wisata alam The Lodge Maribaya di Bandung atau Kali Biru di Jogja.

Rumah Pohon - Panorama Pabangbon

Rumah Pohon – Panorama Pabangbon

Kawasan wisata alam Panorama Pabangbon yang berada diketinggian sekitar 720mdpl ini dapat ditempuh sekitar 1.5-2 jam (sekitar 25 KM) dari pusat Kota Bogor. Untuk menuju lokasi Pabangbon rute yang dapat dilalui bisa melalui Kota Bogor atau dari arah Jakarta-Depok.

  • Rute dari Jakarta – Depok: Parung – Jalan Atang Sendjaya – arah ke Leuwiliang – pertigaan Karacak (sebelum pasar Leuwiliang) ke kiri – jalan bercabang belok kanan – SMP 4 Leuwiliang/Desa Pabangbon – Gunung Banteng – Jalan terus saja hingga sampai ada tanda Panorama Pabangbon.
  • Rute dari Bogor: ambil rute ke arah IPB Jl. Dramaga –  Jl. Raya Leuwiliang-Bogor dan tinggal ikuti saja rute dari Google Maps.
Jembatan Kupu-Kupu

Jembatan Kupu-Kupu

Harga tiket masuk per-Juli 2017 sebesar Rp. 10.000/orang. Disini terdapat paket wisata camping ground, lokasi wisata alam Air Terjun Cilame, hammock, viewdeck seperti rumah pohon dan masih banyak lainnya yang akan dibangun berbagai viewdeck. Untuk dapat berfoto di viewdeck rumah pohon dan berbagai viewdeck lainnya dikenakan biaya Rp. 5.000/orang dengan durasi waktu 5 Menit. Sementara untuk permainan flying fox dikenakan biaya Rp. 10.000/orang sekali main.

Love PAPA

Love PAPA

Pastikan kendaraan bermotor yang digunakan dalam kondisi yang bagus, karena akses menuju kawasan wisata Panorama Pabangbon jalannya cukup terjal walaupun sudah beraspal. Sangat disarankan membawa ban cadangan untuk yang menggunakan kendaraan roda empat.

Please share, follow and like us: